Desa Buko Salurkan BLT Dana Desa Tahap 3 ke 101 KPM

  • May 04, 2021
  • RONALD PAPEO
  • BLT - DANA DESA

Pemerintah Desa Buko Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kembali melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada 101 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT DD tersebut dirangkaikan dengan pembagian masker dan handsanitizer kepada seluruh KPM penerima BLT DD yang merupakan bagian dari program pemerintah yang mewajibkan setiap desa untuk menganggarkan dana pencegahan penyebaran Covid-19 sebesar 8% dari besaran Dana Desa disetiap desa setelah dikurangi BLT-DD.

Kegiatan penyaluran BLT-DD tahap 3 (maret) baru bisa disalurkan hari ini. Keterlambatan ini merupakan proses dan prosedur verifikasi yang berubah di tingkat kabupaten,” ujarnya, selain itu mengingat sebagian besar desa-desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara belum dapat menyalurkan BLT ditahun 2021 dengan berbagai kendala, sehingga Pemerintah Daerah menunda pencairan BLT kepada desa-desa yang telah menyalurkan sampai dengan bulan februari, langkah ini diambil untuk keseragaman dan merata ke 106 desa se-Bolaang Mongondow Utara.

Sementara itu, Sangadi Buko berharap kepada masyarakat yang mendapatkan BLT-DD agar menggunakan uang yang didapat dengan sebaik-baiknya. Pada kesempatan yang bersamaan pula, Sangadi kembali mengingatkan kepada masyarakat terutama yang hadir agar terus dapat mematuhi protol kesehatan yang telah di anjurkan oleh pemerintah terutama untuk selalu gunakan masker, cuci tangan dan selalu jaga jarak demi meminimalisir dan terhindar dari penyebaran wabah Covid-19," terang Rizal.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan aturan Pemerintah yang harus dilaksanakan tentang larangan mudik serta memperketat penjagaan Posko PPKM untuk mendeteksi keluar masuk warga luar domisili dan yang akan memasuki wilayah Desa Buko terkecuali melakukan perjalanan Dinas ataupun mengantarkan keluarga yang sakit, selain itu juga warga luar domisili yang memasuki Desa Buko harus menunjukkan surat hasil swab dan atau rapid tes anti gen kepada petugas Posko PPKM" pungkasnya.