SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

  • May 02, 2021
  • Tenaga Kerja Terampil dan Pekerja

Potensi Sumber Daya Manusia yang ada di Desa Buko masih perlu digali, berbagai tenaga terampil di bidang pertanian, perkebunan, industri rumah tangga, perbengkelan, dan teknologi informasi serta lainnya merupakan modal bagi pembangunan ekonomi di desa. Potensi-potensi ini masih perlu digali dan dimaksimalkan, karena hingga saat ini potensi tersebut belum termanfaatkan secara optimal.

Meskipun populasi penduduk Desa Buko tidak terlalu padat dan pertumbuhannya tidak cepat, namun Desa Buko memiliki tenaga terampil di bidang industri kerajinan, industri rumah tangga, pertanian, peternakan maupun tenaga terampil lainnya. Selain itu terdapat juga industri dan jasa pembuatan mebel, perbengkelan, dan ahli di bidang konstruksi dan pembangunan.

Berbagai potensi industri rumah tangga terdapat di Desa Buko antara lain industri kripik, krupuk, indusri kuliner dll. Potensi-potensi tersebut berpengaruh terdapat peningkatan perekonomian Desa Buko.

Selain potensi diatas, di Desa Buko juga terdapat potensi sumberdaya manusia lainnya yang diantaranya :

  1. Besarnya penduduk usia produktif disertai etos kerja masyarakat yang tinggi serta Perempuan usia produktif sebagai tenaga produktif yang dapat mendorong potensi industri rumah tangga. Jumlah penduduk usia produktif di Desa Buko cukup banyak dan rata-rata memiliki etos kerja yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang bekerja di berbagai sektor usaha terutama di bidang pertanian, peternakan dan industri rumah tangga. Desa Buko sebagaimana mayoritas desa-desa di wilayah kecamatan Pinogaluman, terkenal sebagai sentra industri UMKM. Dengan demikian tidak jarang dijumpai warga yang melakukan pekerjaan mendukung industri tersebut, antara lain industri rumah tangga dan batu bata. Dalam melakukan kegiatan tersebut terlihat pembagian kerja yang harmonis antara laki-laki dan perempuan sehingga industri berjalan lancar dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat. Selain itu di Desa Buko juga berkembang usaha perdagangan dan jasa. Sektor – sektor usaha yang berkembang di wilayah Desa Buko merupakan usaha perorangan dan tidak jarang yang sampai membutuhkan karyawan sebagai tenaga kerja pendukung usaha.
  2. Kemampuan bertani yang diwariskan secara turun-temurun. Mayoritas Penduduk desa Buko merupakan petani, nelayan, pekebun dan peternak dengan kemampuan yang diwariskan secara turun-temurun. Hal ini merupakan salah satu potensi tersendiri yang dapat dikembangkan agar pemanfaatan Sumber Daya Alam juga dapat ditingkatkan secara optimal.
  3. Budaya Adat Istiadat Desa dan Gotong Royong. Terpeliharanya budaya adat istiadat di Desa Buko dalam kegiatan hajatan maupun peringatan hari besar keagamaan merupakan warisan leluhur yanh masih hidup dan menjadi salasatu tradisi yang berkembang di ligkungan masyarakat desa. Budaya adat istiada ini selalu dibarengi dengan semangat gotong royong yang merupakan bentuk kerja sama kelompok masyarakat untuk mencapai hasil positif tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi salah satu individu atau kelompok saja, melainkan untuk kebahagian bersama.